Jumat, 13 Januari 2012

Friday 13th



      How are you all? Long time not post anything. Now is page 13 of 366 days in 2012. And today is Friday. Hmm, friday 13th~ What's the special? ._. 
Aku juga gatau, haha. Tapi aku pernah baca komik, katanya kalo friday 13th itu setan setan pada muncul, pokoknya hari itu buruk banget deh bisa diartiin juga hari sial. Tapi berhubung aku selalu berpositive-thinking *biasalah anak baik, wkwk ._.v*  jadinya aku ga terlalu percaya sama yang kayak begituan. Lagian absen ku nomer 13 tapi aku baik baik aja tuh~ Kalo dalam islam mungkin friday 13th itu bisa dikategorikan takhayul. 

Kali ini saya mau memberi sedikit fakta tentang friday 13th :) Let's check it out~

    Menurut wikipedia, dalam kalender Gregorian, friday 13th paling banyak terjadi 3 kali dalam setahun. Setiap tanggal 13 akan jatuh pada hari Jumat, apabila awal bulan adalah hari Minggu.
Phobia terhadap friday 13th disebut friggatrishtkaidekaphobia ( Frigga menjadi nama dari dewi Norse untuk siapa "Jumat" bernama dan`Triskaidekaphobia takut makna nomor tiga belas)`atau paraskevidekatriaphobia.


     Beberapa teori yang telah diajukan tentang asal-usul Friday 13th:

  • Dalam numerologi , angka dua belas dianggap jumlah kelengkapan, sebagaimana tercermin dalam dua belas bulan dalam setahun, dua belas jam dari jam , dua belas dewa-dewa Olympus , dua belas suku Israel , dua belas rasul dari Yesus , yang 12 Keturunan Muhammad Imam , dll, sedangkan nomor tiga belas dianggap tidak teratur kelengkapan, melampaui ini.Ada juga takhayul, pikir oleh beberapa orang untuk berasal dari Perjamuan Terakhir atau mitos Norwegia , yang memiliki tiga belas orang duduk di meja akan mengakibatkan kematian salah satu pengunjung.

  • Jumat telah dianggap sebagai hari sial setidaknya sejak abad ke-14 ini The Canterbury Tales , dan profesi lainnya telah dianggap Jumat sebagai hari sial untuk melakukan perjalanan atau memulai proyek-proyek baru. Hitam Jumat telah dikaitkan dengan crash pasar saham dan lainnya bencana sejak 1800. Hal ini juga telah menyarankan bahwa Jumat telah dianggap sebagai hari sial karena, menurut Kristen Kitab Suci dan tradisi, Yesus disalibkan pada hari Jumat.

  • Satu penulis, mencatat bahwa referensi semua tapi tidak ada sebelum 1907, tetapi sering terlihat kemudian, telah berpendapat bahwa popularitas berasal dari publikasi yang tahun Thomas W. Lawson novel Jumat populer, Ketigabelas itu, di mana seorang yang tidak bermoral broker mengambil keuntungan dari takhayul untuk membuat Wall Street panik pada hari Jumat tanggal 13. Rekaman takhayul adalah jarang ditemukan sebelum abad ke-20, ketika menjadi sangat umum.



  •    Tetapi, terdapat juga pendapat yang menganggap hari sial bukanlah Friday 13th tetapi Tuesday 13th. Salah satunya adalah negara-negara yang berbahasa Spanyol. Hal ini dikarenakan Selasa dianggap didominasi oleh pengaruh dari Ares (Mars) yang merupakan dewa perang dalam Yunani. Selain itu, dalam bahasa Yunani nama hari adalah Triti (Τρίτη) yang berarti harfiah ketiga (hari minggu), menambah berat badan untuk takhayul, karena nasib buruk sering dikatakan "datang dalam tiga-tiga". ketiga belas ini hari setiap bulan akan jatuh pada hari Selasa jika dimulai pada hari Kamis. Jika satu bulan 31-hari mengandung Selasa tanggal 13, bulan berikutnya akan berisi Jumat tanggal 13. *mbingungin ya -_-*

       Lalu apakah dampak dari phobia Friday 13? Ternyata cukup menggemparkan._. Menurut Manajemen Stress Center dan Phobia Institute di Asheville, North Carolina, diperkirakan orang di Amerika Serikat dipengaruhi oleh rasa takut pada hari ini. Beberapa orang begitu lumpuh oleh rasa takut dan mereka menghindari rutinitas normal mereka, baik itu bekerja, pergi dengan penerbangan atau bahkan bangun dari tempat tidur *sumpah lebay banget  -_-*

      Pada kenyataannya, sepertinya hari ini tidak begitu buruk. Menurut survei pada tahun 2008, laporan kebakaran, kecelakaan dan pencurian pada hari jumat yang jatuh pada tanggal 13 lebih sedikit apabila dibandingkan dengan hari jumat di tanggal lain.

      And then, hari ini aku ngerasa gak ngalamin suatu kesialan tuh, emang sih tadi pagi ada kecoak masuk ke kamarku, tapi au gak mau ngehubung hubungin hal itu dengan hari kesialan. Itu kan biasa aja~ Mungkin aja kecoaknya emang lagi pengen keluar pas hari ini.

     At last, pokoknya aku nganggep friday 13th itu hanya sebuah takhayul. Kalian mau percaya atau enggak terserah sih ya~

    Cukup sekian buat artikel tentang Friday 13th nya, semoga bermanfaat ;)

    Umm.. Besok aku rapotan lho.. Hehe :D *gak ada yg tanya ya-_-* Aku cuma mau minta doanya, semoga... semoga... nilaiku gak jelek, rankingku gak turun, orangtuaku bisa bangga dengan anaknya yang jelek ini. Wkwk.
    Udah ah capek. Last word, annyeonghaseyo. Good Night all. Haven't a friday 13th nightmare :)


    0 comments:

    Posting Komentar